F.A.Q.

Terkait Pendaftaran:

  1. Kapan pendaftaran dimulai dan sampai kapan pendaftaran ditutup? 30 Juni s.d. 21 Juli 2021.
  2. Bagaimana caranya melakukan pendaftaran? Pendaftaran dilakukan secara on-line melalui halaman https://sscasn.bkn.go.id
  3. Apa link pendaftarannya? https://sscasn.bkn.go.id
  4. Dimana saya menemukan persyaratan lengkap untuk mendaftar masing-masing formasi? Download pengumuman dan format surat lamaran dan surat pernyataan di web: www.rekrutmen.kejaksaan.go.id.
  5. Apakah D-IV boleh mendaftar di formasi S1? Kualifikasi pendidikan harus sesuai dengan persyaratan jabatan.
  6. Apakah S1 boleh mendaftar di formasi D-III? Kualifikasi pendidikan harus sesuai dengan persyaratan jabatan.
  7. Apakah disabilitas bisa mendaftar? Disabilitas dapat mendaftar pada formasi Ahli Pertama-Pranata Komputer, Analis Forensik Digital, Ahli Pertama Penilai Pemerintah, Ahli Pertama Perencana, Ahli Pertama Peneliti, Pengolah Data Perkara dan Putusan, Pengolah Data Intelijen, Pengelola Pengaduan Publik, Pelaksana/Terampil Auditor dan Pengadiministrasi Penanganan Perkara. Adapun derajat kedisabilitasan yang dapat melamar adalah derajat 1 (mampu melakuan aktifitas kegiatan sehari-hari, mempertahankan sikap tanpa alat bantu) atau derajat 2 (mampu melakukan aktifitas kegiatan sehari-hari, mempertahankan sikap dengan alat bantu) dengan kriteria mampu melakukan tugas sesuai dengan jabatan yang dilamar.
  8. Jika sedang tidak di domisili, apakah boleh ikut mendaftar? Boleh, dengan menyertakan surat keterangan domisili.

Terkait Syarat

  1. Batas usia di setiap masing-masing formasi? Batas Usia : 1) Dokter Spesialis maksimal 40 tahun; 2) Ahli Pertama-Peneliti, maksimal 35 tahun; 3) Ahli Pertama - Pranata Komputer, Analis Forensik Digital, Ahli Pertama - Penilai Pemerintah, Ahli Pertama – Perencana, Ahli Pertama -Penerjemah, Pranata Barang Bukti, Pengolah Data Perkara dan Putusan, Pengolah Data Intelijen, Pengelola Pengaduan Publik, Pelaksana / Terampil - Auditor dan Jurnalis serta Pengadministrasian Penanganan Perkara, maksimal 30 tahun; 4) Ahli Pertama-Jaksa dan Analis Naskah Rancangan Perjanjian serta Pengawal Tahanan/Narapidana maksimal 28 tahun.
  2. Apakah KTP hanya di scan depan nya saja? Ya.
  3. Prodi Formasi Jaksa dan Analis Perancang Perjanjian diperuntukan untuk semua Sarjana Hukum yang bergelar S.H. seperti S1 Hukum Keluarga Islam dan Hukum islam, atau hanya S1 Hukum/Ilmu Hukum? Yang dapat mendaftar sebagai Analis Pertama-Jaksa dan Analis Naskah Rancangan Perjanjian adalah S-1 Hukum dan S-1 Ilmu Hukum. Dimana slot Pendidikan di SSCASN untuk jabatan Ahli Pertama Jaksa hanya terdiri dari S-1 Ilmu Hukum, sehingga bagi S-1 Hukum yang ingin melamar pada formasi Ahli Pertama-Jaksa, maka harus terlebih dahulu memilih Pendidikan S-1 Ilmu Hukum. Sedangkan diluar S-1 Hukum/Ilmu Hukum tidak dapat melakukan pendaftaran.
  4. Apakah Boleh S1 Pendidikan B. Inggris untuk Formasi Penerjemah; Tidak, untuk Formasi Penerjamah hanya S-1 BAHASA INGGRIS atau Program Studi Sastra Inggris dan S-1 BAHASA MANDARIN atau Program Studi Sastra Cina.
  5. Untuk Kualifikasi Pendidikan D-III Administrasi Perkantoran apakah bisa memakai Administrasi Bisnis karena juga mempelajari administrasi perkantoran? Sesuai pengumuman, pada formasi pengaduan publik maka kualifikasi Pendidikan D-III juga mencakup Program Studi Administrasi Perkantoran / Administrasi Bisnis / Administrasi Negara / Administrasi Pemerintahan.
  6. Berapa Skor TOEFL di setiap masing-masing formasi? Skor TOEFL hanya untuk formasi : 1. Ahli pertama Jaksa, Analis Naskah Rancangan Perjanjian, Ahli Pertama - Pranata Komputer, Analis Forensik Digital, Ahli Pertama - Penilai Pemerintah, Ahli Pertama – Perencana dan Ahli pertama-peneliti serta Formasi Tenaga Kesehatan, dengan skor minimal 450; 2. Ahli Pertama-Penerjemah, dengan skor minimal 500.
  7. Apakah bisa menggunakan yang sudah ada atau harus yang terbaru? Tanggal terbit TOEFL dan masa kadaluwarsa TOEFL tidak menjadi bagian dari pemeriksaan.
  8. Apakah Lembaga Penilai yang menerbitkan TOEFL ditentukan secara khusus? Lembaga penerbit sertifikat TOEFL tidak menjadi bagian dari pemeriksaan.
  9. Apakah sertifikat komputer dan TOEFL boleh didapatkan secara online? Boleh
  10. Bagaimana dengan adanya masa berlaku sertifikat? (TOEFL, beladiri, komputer) Masa berlaku sertifikat tidak menjadi bagian pemeriksaan.
  11. Apakah Sertifikat Komputer yang hanya Microsoft Office, diperbolehkan? Boleh.
  12. Apakah bisa memakai surat keterangan lulus (SKL)? Hanya untuk formasi dengan kualifikasi Pendidikan D-III.
  13. Formasi apa saja yang dibolehkan sudah menikah? Semua Formasi, Kecuali Ahli Pertama-Jaksa, Analis Naskah Rancangan Perjanjian dan Pengawal Tahanan/Narapidana
  14. Apakah boleh Berkacamata, mata minus/plus, color blind parsial? Boleh berkaca mata dan mata minus/plus bukan merupakan syarat yang ditentukan. Buta warna merupakan syarat Kesehatan.
  15. Pembuatan surat keterangan belum pernah menikah sesuai dengan KTP atau domisili (jika menggunakan domisilli)? Pembuatan surat keterangan belum pernah menikah dapat dilakukan pada Kelurahan/Desa sesuai KTP atau domisili.
  16. Jika hanya terdapat akreditasi salah satu PT atau Prodi yg memenuhi persyaratan (minimal akreditasi B atau terakreditasi BAN PT) apakah diperbolehkan? Sesuai persyaratan masing-masing formasi, sedangkan khusus untuk Ahli Pertama-Jaksa dan Analis Naskah Rancangan Perjanjian keduanya harus minimal terakreditasi B.
  17. Akreditasi yg digunakan sesuai tahun ijazah atau terbaru? Tahun kelulusan.
  18. Ijazah discan depan saja atau kedua sisi? Sesuai kebutuhan, dalam hal termuat nilai dihalaman sisi lainnya, maka dapat discan dua sisi.
  19. Nilai SKHUN tidak memenuhi syarat, bagaimana? Perhitungan rata-rata nilai 7 dapat diambil dari daftar nilai yang termuat dalam SKHUN atau Ijazah, dimana akan diambil yang paling menguntungkan pelamar.
  20. Menentukan nilai 7 bagaimana caranya? Dapat digunakan rata rata dari salah satu bagian nilai yg memenuhi syarat. Misalnya rata rata UN 6,5 tetapi rata rata Nilai Sekolah 7,5 maka dapat digunakan rata rata Nilai Sekolah..
  21. Apakah boleh menggunakan SIM B1 sebagai pengganti SIM A? Bisa
  22. Apakah SIM wajib bagi penyandang disabilitas? Tidak
  23. Syarat pas foto formal selain background merah apakah ada ketentuan lain seperti baju/jilbab/jas yang dikenakan? Tidak ditentukan.

Kebijakan CPNS Kejaksaan RI

  1. Apa saja tahapan seleksi? Administrasi, SKD dan SKB.
  2. Apakah kalo ada persyaratan belum menikah, saya boleh menikah setelah lulus? Boleh, sampai diangkat sebagai PNS atau 1 tahun mengabdi sebagai CPNS
  3. Apakah pekerjaan yang harus dilakukan oleh Pengadministrasi penanganan perkara? Melakukan kegiatan administrasi penanganan perkara, meliputi penanganan perkara pidana umum maupun khusus termasuk operator dalam penggunaan CMS (Case Management System).
  4. Apakah jabatan pelaksana ada tunjangan nya? Ada, sesuai kelas jabatannya.
  5. Apakah Tes di Kejaksaan jadwalnya sama dengan di Pemda ? Seleksi CPNS Kejaksaan RI mengikuti jadwal Panselnas yang ditetapkan BKN.
  6. Apakah saat mendaftar sedang dalam keadaan hamil diperbolehkan? Jika iya, bagaimana dengan BMI dan Tes Kesamaptaannya kami tidak merekomendasikan untuk ikut, dikarenakan sifat jenis Tesnya yang cukup memberatkan bagi yang hamil.
  7. Berapa kuota untuk masing-masing Kejati/daerah? Dengan mengingat Kejaksaan RI sebagai instansi vertikal yang terpusat, maka penentuan kuota daerah disesuikan dengan Kepmenpan yang akan disebar ke seluruh Indonesia.
  8. Berapa kuota untuk masing-masing laki-laki dan perempuan? Tidak ada kuota
  9. Apakah bisa ditempatkan sesuai domisili/keinginan? Tidak bisa, penempatan disesuaikan dengan Kepmenpan yang akan disebar ke seluruh Indonesia sesuai kebutuhan.

New FAQ

New FAQ

Pertanyaan Seputar Lokasi Ujian CAT (SKD)

enter image description here